Analisis Penggunaan Wanita dalam Iklan TV | Iklan Susu Anlene Versi Tya Ariestya



Analisis Iklan

“Iklan Susu Anlene Versi Tya Ariestya “
By: Romi Ramdhani



Susu Anlene adalah produk susu yang dibuat dari susu sapi asli dari New Zealand. Anlene adalah produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Fonterra yang berbasis di New Zealand. Fonterra sendiri adalah sebuah perusahaan yang khusus mengeluarkan produk susu. Bisnisnya berjalan di 40 negara dan merupakan perusahaan susu terbaik dan terdepan. Beberapa produk keluaran Fonterra antara lain adalah CHESDALE™, ANLENE™, ANMUM™, ANCHOR™, FERNLEAF™, dan MAINLAND™. Anlene sendiri memiliki beberapa produk seperti Anlene Actifit, Anlene Concentrate dan Anlene Gold. Dan Anlene merupakan produk susu yang berbasis sebagai susu untuk tulang. Dengan slogannya Expert in Bone Nutrition atau Ahli Nutrisi untuk Tulang. Produk-produk keluaran Anlene dulu dikhusukan untuk dewasa, seiring berjalannya waktu Anlene mengeluarkan produk susu untuk usia 19 tahun dan 50 tahun keatas. Anlene Gold memiliki kemasan kaleng dan kemasan isi ulang. Anlene Gold ini diperuntuhkan untuk memenuhi kepadatan tulang diatas umur 50 tahun keatas.




Ini adalah iklan Susu Anlene yang dibuat pada tahun 2017 lalu. Iklan ini bercerita tentang seorang wanita (Tya Ariestya) yang jago bela diri (taekwondo), dimana wanita tersebut (Tya Ariestya) di tampilkan mengenakan pakaian bela diri (taekwondo) terlihat sangat lihai, kuat dan aktif saat menendang pada sesi latihannya. Kemudian di tampilkan wanita tersebut (Tya Ariestya) meminum susu anlene sebagai pesan bahwa rahasia sehatnya adalah meminum susu tersebut. Setelahnya ia bisa tetap aktif baik itu latihan olahraga taekwondonya, memasak di rumah, atau waktu bersama keluarga. Lalu, ada tulisan “#TetapBisa”. Dan keluarlah produk Susu Anlene dengan kemasan barunya saat itu, yang satunya rasa vanilla dan yang satunya lagi rasa coklat. Lalu wanita tersebut (Tya Ariestya) berkata untuk tetap aktif terus bergerak di hari olahraga ini (karena bertepatan momentnya pada saat itu dengan hari olahraga) untuk diri sendiri dan orang tersayang.

Iklan ini mengajak para penonton agar berkomitmen terus bergerak dalam rangka tetap aktif di hari olahraga, dan bersama hastag yang dibawa oleh iklan ini yaitu  #TetapBisa.

Model pada iklan ini adalah seorang wanita yaitu Tya Ariestya, seorang aktris sinetron dan film Indonesia. Selain sebagai artis, Tya juga pernah menjadi atlet taekwondo.dan duta taekwondo Indonesia. Dimana dalam iklan ini juga memang yang di tonjolkan adalah bagaimana Tya Ariestya sebagai seorang atlit taekwondo dengan pakaian Taekwondonya, selebihnya ia mengenakan pakaian berwarna hijau dimana warna hijau sendiri mewakili warna umum pada prodak anlene. Untuk makna hijau sendiri berdasarkan simiotik warna yakni hijau bermakna Alami, dan Daya Hidup. Hijau juga besar kaitannya dengan Negara asal prusahaan Anlene sendiri yaitu New Zealand yang terkenal akan tanah lapangnya yang hijau.

Penggunaan model wanita pada iklan ini dimaksudkan bahwa wanita juga bisa tangguh dan kuat. Walaupun sudah berusia memiliki keluarga dan anak tidak menutup kemungkinan untuk wanita bisa tetap aktif berolahraga dan tetap aktif di rumah untuk waktu bersama keluarga.

Namun sayangnya Wanita pada umumnya lebih mudah terkena osteoporosis. Berbagai riset dari Anlene membuktikan bahwa 50 % wanita dari berbagai negara rentan terkena osteoporosis atau kekurangan kalsium. Maka dari itu, dengan meminum susu anlene akan membantu membuat tulang tetap kuat dan membuat kita bisa terus bergerak aktif.

Untuk iklan susu anlene kali ini memakai Tya Ariestya sebagai model iklannya ,dikarenakan pada saat itu Tya Ariestya termasuk wanita yang enerjik dan memiliki kalsium yang tinggi sesuai kebutuhan yang ada, ditambah lagi Tya memang wanita yang suka olahraga khususnya bela diri (takwondo) dan ia juga sebagai duta taekwondo Indonesia. Iklan susu anlene sebelumnya menjelaskan bahwa 50% wanita Indonesia kekurangan kalsium dan disarankan mengkomsumsi susu anlene untuk mendapatkan setengah dari kalsium yang hilang. Dan pada iklan ini Tya sebagai model iklan tersebut memenuhi kebutuhan kalsiumnya dengan meminum susu anlene untuk memenuhi rutinitas latihan taekwondo dan untuk keluarga dirumah. Karena bagi Tya, hidup itu seperti olahraga, untuk menang maka harus tetap bisa aktif .

SOURCE




0 comments:

Post a Comment

Komentar Yang Sopan Dan Bisa Bermanfaat untuk Semua :)