Komunikasi Politik | Sejarah Ilmu Komunikasi Politik



Komunikasi Politik, Sejarah Ilmu Komunikasi Politik, Sejarah Komunikasi Politik dan tokoh-tokoh yang berpengaruh

Studi tentang Komunikasi politik diawali dengan munculnya retorika yang dianggap sebagai hal yang spektakuler pada masa itu karena mampu mempengaruhi pendapat umum yang menentukan kebijakan public dan studi ini terus berkembang hingga sekarang.

Berikut ringkas sejarah perkembangan studi komunikasi politik dan tokoh-tokoh yang berpangaruh/berperan di dalamnya:


1. Periode Klasik.
ini adalah awal dimana studi mengenai komunikasi politik mulai berkembang, berlangsung dan berakhir sekitar tahun 1940an. Pada periode ini kajian komunikasi politik lebih kepada kajian retorika yang digunakan untuk mempengaruhi pendapat umum sehingga dapat menentukan kebijakan public.


2. Periode Sekitar Perang Dunia 1 dan 2.
Periode ini berlangsung pada seperempat abad pertama abad 20 hingga dekade 1950an. dalam periode ini lebih banyak membahas mengenai propaganda dikarenakan hal tersebut sangat memberikan dampak besar terhadap jalannya perang dunia.

3. Periode Pasca Perang Dunia 1 dan 2.

terjadi pada pertengahan dekade 1950an hingga awal tahun 1970an. pada periode ini lebih menekankan pada efek media yang umumnya dalam jangka pendek terhadap variable politik seperti identifikasi individu terhadap partai politik, penilaian terhadap kandidat, preferensi politik dan perilaku pemilih. Dalam periode ini juga berkembang pendekatan system, konsep feed back dan analisis input serta output. Selain itu, dalam periode ini juga mengkaji mengenai peran apa yang dapat dimainkan dengan komunikasi serta studi komunikasi pembangunan hingga akhir 1980an.

Yang berperan pada masa itu merupakan para peneliti seperti Paul Lazarfeld, Robert K Merlon, dan Joseph Keppler mengidentifikasi adanya pengaruh komunikasi antarpribadi dalam pembuatan opini.

4. Periode sesudah kuartil ketiga abad ke 20

periode ini berlangsung hingga akhir abad 20. komunikasi politik telah berkembang sebagai sub disiplin ilmu dan muncul ragam pendekatan teoritik seperti agenda setting, framing, feminism, ekonomi, politik, dan postmodernism. Selain itu, dalam periode ini komunikasi politik juga merambah pada persoalan peran media massa saat terjadi konflik.

5. Periode sekarang
sekarang ini studi komunikasi politik telah semakin mendetail pada realitas komunikasi politik yang semakin diteliti, tidak hanya soal pemilu, pendapat umum, konflik, dan lain-lain, melainkan juga meneliti soal demokrasi, budaya gap, gender, etnisitas, multicultural, dan modernisasi.


Studi Komunikasi Politik Terkini

Merupakan Studi Komunikasi Politik yang telah mencapai tahap yang cukup kompleks. Komunikasi Politik telah diwadahi oleh yang namanya media massa sebagai alat saluran komunikasi saat ini guna kepentingan politik. Oleh karena itu, banyak studi komunikasi politik

pada masa sekarang ini yang lebih membahas mengenai penggunaan media dan hubungannya dengan komunikasi politik.


Daftar Pustaka

Catatan materi perkuliahan komunikasi politik
Purwasito, Andrik. 2011. Pengantar Ilmu Politik. Surakarta : UPT UNS Press
Siregar, Ashadi. 2000. Media Pers dan Negara : Keluar dari Hegemoni. Jurnal Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik ISSN 470-4946 Volume 4, Nomor 2, Nopember 2000
http://www.teguhsantoso.com/2011/09/sejarah-komunikasi-politik.html
https://www.academia.edu/3840063/SEJARAH_DAN_PENELITIAN_KOMUNIKASI_POLITIK_TERKINI












contoh tugas, penelitian, kajian, journal, jurnal, tugas mahasiswa, tugas harian, makalah, paper, papper, uts, ulangan, pr, skripsi, ujian, siswa, pelajar, pekerja, dinas, kantor, universitas, contoh,

1 comment:

  1. Thank you for helping people get the information they need. Great stuff as usual. Keep up the great work!!!
    Ordinit

    ReplyDelete

Komentar Yang Sopan Dan Bisa Bermanfaat untuk Semua :)