CARA MENGATASI FD/FLASHDISK TIDAK TERDETEKSI SAAT INSTAL ULANG WINDOWS


CARA MENGATASI FD/FLASHDISK TIDAK TERDETEKSI SAAT INSTAL ULANG WINDOWS 7 atau LAINNYA.

Cara Ini Juga Berhubungan dengan Cara Mengatasi Tidak Ada PILIHAN First Boot saat Ingin Instal Ulang Dengan Flash Disk (FD).
Ada kalanya Kita Menginstal WINDOWS Menggunakan FD/FlashDisk, selain Lebih Mudah, Cara ini Juga Lebih Efisien Dari Pada Menggunakan CD/DVD. Apalagi Jika Ingin Menginstal Sebuah Notebook Di mana NoteBook Tidak Memiliki CDROM di dalamnya.

Nah,
             Sebenarnya, Ada Banyak Masalah Kenapa FD tidak Terdeteksi Atau Pilihan Untuk Menjadikan FD/FlashDisk Jadi First Boot ( Agar FD/Flash Disk Duluan Terbaca/Pertama Kali Terbaca/terdeteksi Saat Booting).

Kita Bahas Satu Per Satu,


Coba Kita Mulai Dari Hal Yang Paling Sepele,
Pastikan FD/FlashDisk Yang Akan Di Gunakan Untuk Menginstal Ulang PC yang Agan Gunakan Baik-baik saja atau tidak Ada masalah sama sekali. untuk memastikannya, coba colokkan Ke PC yang tidak ada masalahnya juga, lalu cek itu masih Terdeteksi, atau masih berfungsi atau tidak. Bila Keadaan Memburuk Atau FD/FlashDisk yang digunakan Bermasalah, Maka Anda Tau Harus Berbuat apa! :D

Jika Semua Baik-baik Saja, Lewatkan Cara INI!

Terkadang, Beberapa FD/FlashDisk tidak support Pada beberapa colokkan, di Laptop/pc terkadang Ada 2 Jenis Colokkan FD/FlashDisk, yang Biasa Dan Colokkan USB 2.0
     Colokkan USB 2.0 Di tandai Dengan Warna Biru (Biasanya) Seperti Berikut :



Coba Pindah-pindah FD/FlashDisk ke Colokkan Yg Memungkinkan FD/FlashDisk Terdeteksi. Pastikan dan Pindah-pindahlah Sampe Terdeteksi, ( Mungkin cara Ini Paling Bodoh, wkwk :D )

Jika 2 Hal Di atas Sudah Teratasi. Dan FD/FlashDisk Masih Tidak Bisa Di Atur Ke FirstBoot Atau Tidak Terdeteksi Juga. Maka Coba Cara Di bawah.

Cek BIOS agan, apakah Jenisnya UEFI atau LEGACY. jika UEFI, Maka Di sinilah Masalah agan,
Jika Tidak Ingin Menggunakan UEFI, Gantilah Mode Nya Ke LEGACY, ( anda Psti Tau Bagaimana Caranya :D ) Jika Tidak Bisa, Atau Tidak Ada pilihan Mode LEGACY, Anda Bisa Memunculkannya Dengan cara UPdate BIOS Terlebih dahulu. Caranya? anda Tinggal Mengunjungi Saja Situs Dari Laptop/PC agan. Lihat Jenis PC/laptop Agan Dan Kunjungin Situs Resminya, Atau Anda Bisa Cari-cari caranya Di Google.



Setelah Mengunjungi Situsnya, Cari Letak Download Update BIOS nya, Instal Seperti Biasa (Seperti Menginstal Aplikasi Pada Umumnya) jika Sudah Reboot Lalu Masuk BIOS lagi, Maka 98% BIOS Anda Sudah Ada LEGACYnya, Jika Sudah Begini Anda Bisa Mengganti Modenya Ke LEGACY dan melanjutkan Proses Instalasi Windows Seperti Biasa. (Kemungkinan FD/FlasDisk Agan Sudah Terdeteksi juga) bila belum, Tidak Ada salahnya Mencoba Memastikan Lagi 2 Hal Di atas :D

         Jika Sebelumnya Saya Mengatakan 98% Terdapat Mode LEGACY, tidak Menutup Kemungkinan 2% nya akan Terjadi :D Lalu Sekarang Kita Harus Bagaimana?
Kenapa Tidak Kita Pakai Saja MODE UEFI ini, Tapi Mode UEFI tidak Mendeteksi USB FD/Flashdisk Saya?! Tenang, Sebenarnya Kesalahan Tidak Sepenuhnya Berada Di USB Fd/FlashDisk Tersebut. Ada Yang Kurang Saat Melakukan Proses Pembuatan Bootable nya.

Apa yang Salah? Type Bootable nya! gmana Cara Mengatasinya? Mari bahas Di bawah :D

Buka Aplikasi Bootable Satu Ini, Yaitu "RUFUS" mungkin Kalian Sudah tidak Asing Lagi Dengan Aplikai Di atas.
Buka RUFUS, lalu pilih di Bagian "Partition scheme and target system type :"
Di Sini Pilih  Jenisnya Ke GPT,


Nah Setelah Jenis GPT telah terpilih,(anda Tau apa yang harus dilakukan selanjutnya :D )
Oh ya, sebelum menekan tombol Start Pada RUFUS, pastikan "Partition scheme and target system type :" Sudah Benar-benar terpilih, untuk Setelan Lainnya Biarkan Saja seperti Defaultnya, Jangan Di Rubah, Pilih Letak Lokasi Windows Agan, Lalu START!

Tunggu Proses Selsai. Setelah proses Selsai Lakukan lagi Proses Instalasi Windows agan, masuk Bios, setting FirstBoot ( Nah Di sini Saya Pastikan Lagi 98% FD/FlashDisk Agan Sudah Terdeteksi )

Setelah atur FirstBoot. Instal Windowsnya. ( Saya Rasa Sampai Di Sini Saja saya antarkan, Selanjutnya Jalan Sendiri aja :D )

Nahhh Selsai Juga, Untuk Kalian Yang Masih Bingung, Bisa Bertanya-Tanya Di 

Facebook : Group

Ok Sekian Dan Terima Kasih.
Semoga Artikel Saya Kali Ini Bisa Bermanfaat Amin :D

0 comments:

Post a Comment

Komentar Yang Sopan Dan Bisa Bermanfaat untuk Semua :)